Promosi adalah kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan berang kepada masyarakat dan untuk meningkatkan penjualan.
Bentuk bentuk promosi :
A. Advertensi (iklan)
Macam – macam media yang digunakan dalam periklanan
1. Advertensi Cetak
Yaitu iklan pada surat kabar atau majalah.
2. Advertensi Elektronik
Iklan melalui siaran TV dan radio.
3. Transit Advertising
Yaitu berupa buletin, poster, stiker.
4. Kiriman Langsung
Dikirim langsung dengan pos kepada calon pembeli.
5. Advertensi Khusus
Yaitu segala macam barang berupa hadiah atau pemberian Cuma-Cuma.
6. Advertensi Di Luar Rumah
Yaitu papan reklame.
Hal – hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam memilih jenis media yang akan digunakan
1. Biaya
Perlu diketahui tarif pemasangan setiap media.
2. Produk
Menentukan media yang paling menguntungkan dan dapat memperagakan produknya sebaik mungkin.
3. Pesan
Pesan mudah diterima dan dimengerti serta diingat.
4. Sifat media yang dituju
Memilih media yang paling efektif dan efisien.
B. PERSONAL SELLING
Yang dibutuhkan perusahaan dalam usaha :
1. Menciptakan kepercayaan
2. Peragaan
3. Pembelian yang sifatnya sekali-kali
4. Produk yang mempunyai nilai per unit sangat tinggi.
5. Produk yang didesain sesuai dengan kebutuhan.
Alat-alat yang biasa digunakan dalam sales promotion
1. Sample/Contoh
Yaitu diberikan produk contoh secara gratis kepada konsumen dengan harapan mereka menyuka sehingga melakukan pembelian ulang.
2. Kupon/Voucher
Yaitu memberika sertifikat hak potongan kepada pemegangnya sehingga dapat menghemat pembelian produk tertentu.
3.Premi
Barang yang ditawarkan dengan harga sangat rendah atau bahkan gratis.
4. Paket Harga
Yaitu produk yang memuat harga lebih rendah daripada harga biasa.
5. Tawaran Uang Kembali
Yaitu tawaran pengembalian uang jika terjadi ketidak sesuaianproduk dengan harga, terjadi kerusakan produk yang dibeli berdasarkan perjanjian.
6. Promosi Dagang
Yaitu penawaran potongan harga pada setiap pembelian selama jangka waktu tertentu.
7.Pemajangan ditempat penjualan
8.Pameran dagang
9.Kontes
Yaitu mengundang konsumen untuk ikut perlombaan melakukan sesuatu.
10. Undian
Konsumen diajak mengembalikan label yang memuat nama produk untuk kemudian diundi dan mendapatkan hadiah.
D. PUBLICITY
Adalah upaya pengaturan ruang editorial agar terpisah dari ruang lainnya disemua media yang dapat dibaca, dilihat, atau didengar oleh konsumen. Alat-alat publicity adalah :
1. Jumpa pers.
2. Publisitas produk.
3. Pendekatan ( lobying).
4. Konseling / Bimbingan.
TEKNIK MENJUAL
Tahapan-tahapan yang dilalui oleh penjual sering disebut teori AIDAS yaitu :
- Attention ( Perhatian)
- Interest (Minat)
- Desire ( Keinginan )
- Action ( Tindakan )
- Satisfaction ( Kepuasan )
SENI MENJUAL
PENGERTIAN SENI MENJUAL
Ilmu menjual adalah suatu ilmu yang digunakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu seni untuk mempengaruhi orang lain agar bersedia membeli barang/jasa yang ditawarkan.Kepuasan pelanggan
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan :
1. Kualitas Produk.
2. Harga.
3. Kualitaas Layanan.
4. Faktor Emosional.
5. Faktor Kemudahan.
2. Harga.
3. Kualitaas Layanan.
4. Faktor Emosional.
5. Faktor Kemudahan.
NEGOSIASI
STRATEGI
NEGOSIASI :
1. Win-win Strategi
Adalah negosiasi yang berorientasi pada kemenangan kedua belah pihak denan melihat substansi yang dinegosiasikan dan menjunjung tinggi hak dan kewajiban para pihak yang bernegosiasi serta penyelesaian masalah didasari rasa kemanusiaan.
2. Win-lose Strategi
Adalah strategi perundingan untuk memperoleh kemenangan mutlak dengan mengalahkan orang lain, strategi ini didasarkan pada keinginan untuk mengalahkan pihak lain dengan mengambil sesuatu yang menguntungkan dirinya dan merugikan orang lain.
3. Lose-lose Strategy
Adalah strategi yang dipilih seseorang karena didasari oleh perasaan untuk melampiaskan kemarahan dan cenderung tidak mengutamakan akal pikiran yang sehat.
1. Win-win Strategi
Adalah negosiasi yang berorientasi pada kemenangan kedua belah pihak denan melihat substansi yang dinegosiasikan dan menjunjung tinggi hak dan kewajiban para pihak yang bernegosiasi serta penyelesaian masalah didasari rasa kemanusiaan.
2. Win-lose Strategi
Adalah strategi perundingan untuk memperoleh kemenangan mutlak dengan mengalahkan orang lain, strategi ini didasarkan pada keinginan untuk mengalahkan pihak lain dengan mengambil sesuatu yang menguntungkan dirinya dan merugikan orang lain.
3. Lose-lose Strategy
Adalah strategi yang dipilih seseorang karena didasari oleh perasaan untuk melampiaskan kemarahan dan cenderung tidak mengutamakan akal pikiran yang sehat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar