Sabtu, 24 Januari 2015

Promosi dan negosiasi

 Promosi


   Promosi adalah kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan berang kepada masyarakat dan  untuk meningkatkan penjualan.

 Bentuk bentuk promosi :

A. Advertensi (iklan)
 Macam – macam media yang digunakan dalam periklanan
  1. Advertensi Cetak
    Yaitu iklan pada surat kabar atau majalah.
  2. Advertensi Elektronik
    Iklan melalui siaran TV dan radio.
3. Transit Advertising
Yaitu berupa buletin, poster, stiker.
4. Kiriman Langsung
Dikirim langsung dengan pos kepada calon pembeli.
5. Advertensi Khusus
Yaitu segala macam barang berupa hadiah atau pemberian Cuma-Cuma.
6. Advertensi Di Luar Rumah
Yaitu papan reklame.

Hal – hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam memilih jenis media yang akan digunakan
1. Biaya
Perlu diketahui tarif pemasangan setiap media.
2. Produk
Menentukan media yang paling menguntungkan dan   dapat memperagakan produknya sebaik mungkin.
3. Pesan
Pesan mudah diterima dan dimengerti serta diingat.
4. Sifat media yang dituju
Memilih media yang paling efektif dan efisien.

B. PERSONAL SELLING
Yang dibutuhkan perusahaan dalam usaha :
1. Menciptakan kepercayaan
2. Peragaan
3. Pembelian yang sifatnya sekali-kali
4. Produk yang mempunyai nilai per unit sangat tinggi.
5. Produk yang didesain sesuai dengan kebutuhan.
C. Sales Promotion   
Alat-alat yang biasa digunakan dalam sales promotion
1. Sample/Contoh
    Yaitu diberikan produk contoh secara gratis kepada konsumen dengan harapan mereka menyuka sehingga melakukan pembelian ulang.
2. Kupon/Voucher
    Yaitu memberika sertifikat hak potongan kepada pemegangnya sehingga dapat menghemat pembelian produk tertentu.
3.Premi
   Barang yang ditawarkan dengan harga sangat rendah atau bahkan gratis.
4. Paket Harga
    Yaitu produk yang memuat harga lebih rendah daripada harga biasa.
5. Tawaran Uang Kembali
    Yaitu tawaran pengembalian uang jika terjadi   ketidak sesuaianproduk dengan harga, terjadi   kerusakan produk yang dibeli berdasarkan   perjanjian.
6. Promosi Dagang
    Yaitu penawaran potongan harga pada setiap   pembelian selama jangka waktu tertentu.
7.Pemajangan ditempat penjualan
8.Pameran dagang
9.Kontes
   Yaitu mengundang konsumen untuk ikut perlombaan melakukan sesuatu.
10. Undian
   Konsumen diajak  mengembalikan label yang      memuat nama produk untuk kemudian diundi      dan mendapatkan hadiah.

D. PUBLICITY
    Adalah upaya pengaturan ruang editorial agar terpisah dari ruang lainnya disemua media yang dapat dibaca, dilihat, atau didengar oleh konsumen. Alat-alat publicity adalah :
  1. Jumpa pers.
  2. Publisitas produk.
  3. Pendekatan ( lobying).
  4. Konseling / Bimbingan.
 

TEKNIK MENJUAL 

Tahapan-tahapan yang dilalui oleh penjual sering disebut teori AIDAS yaitu :



- Attention ( Perhatian)
- Interest (Minat)
- Desire ( Keinginan )
- Action ( Tindakan )
- Satisfaction ( Kepuasan )

SENI MENJUAL

PENGERTIAN SENI MENJUAL

Ilmu menjual adalah suatu ilmu yang digunakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu seni untuk mempengaruhi orang lain agar bersedia membeli barang/jasa yang ditawarkan.

Kepuasan pelanggan
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan   pelanggan :
  1. Kualitas Produk.
  2. Harga.
  3. Kualitaas Layanan.
  4. Faktor Emosional.
  5. Faktor Kemudahan.

   NEGOSIASI

STRATEGI NEGOSIASI :
1. Win-win Strategi
       Adalah negosiasi yang berorientasi pada kemenangan kedua belah pihak denan melihat substansi yang dinegosiasikan dan menjunjung tinggi hak dan kewajiban para pihak yang bernegosiasi serta penyelesaian masalah didasari rasa kemanusiaan.
2. Win-lose Strategi
    Adalah strategi perundingan untuk memperoleh kemenangan mutlak dengan mengalahkan orang lain, strategi ini didasarkan pada keinginan untuk mengalahkan pihak lain dengan mengambil sesuatu yang menguntungkan dirinya dan merugikan orang lain.
3. Lose-lose Strategy
       Adalah strategi yang dipilih seseorang karena  didasari oleh perasaan untuk melampiaskan  kemarahan dan cenderung tidak mengutamakan  akal pikiran yang sehat.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar