Pokok saluran distribusi ada 3 macam yaitu:
1.saluran distribusi langsung
2. saluran distribusi semi langsung
3. saluran distribusi tidak langsung
Alasan-alasan menggunakan saluran distribusi
1.Jarak yang terlalu jauh antara produsen dan konsumen
2.Penghematan biaya dan waktu
3.Untuk memenuhi kebutuhan konsumen
4.Produsen dapat berkonsentrasi dalam produksi
Macam-macam Saluran Distribusi
Diusahakan sebanyak mungkin, barang yang disalurkan adalah barang-barang konvinensi
2. Distribusi selektif
Jumlah distribusi ditentukan secara terbatas dikarenakan untuk meneka biaya penjualan, yaitu berupa produk yang taha lama dan memerlukan pemeliharaan khusus, misal mobil dan barang mewah
3. Distribusi eksklusif
Distribusi produk hanya diberikan kepada lembaga penyalur contoh, kacamata, perhiasan
A.PENETAPAN HARGA
1. Shining price
Meningkatkan harga setinggi-tingginya karena perusahaan belum memiliki saingan dan produk untuk orang kaya
2.Penetration price
Penetapan harga yang bertujuan untuk menerobos produk perusahaan lain masuk ke pasar dengan memakai cara menetapkan harga serendah mungkin
B. Kebijakan Harga Retailer
Penetapan harga berdasarkan perkiraan saja, bila produk yang dijual sudah dapat keuntungan maka langsung dijual
2. Lining price
Di lakukan oleh toko dengan cara mengumpulkan produk berbagai merk dan ukuran dalam satu kota di beri daftar harga yang sama
3.Competitor Price
Penetapan harga produk yang murah dengan tujuan agar memproleh reputasi sebagai toko termurah
4.Judgement Price
Berdasarkan perkiraan biasanya dalam sati musim produk di dalam hanya satu atau dua potong produk yang bagus
5.Customary Price
Dalam jangka panjang harga suatu produk tetap stabil dan tidak ada perubahan,apa bila bahan baku meningkat mangka harga pokok produk juga meningkat
6.Ood Price
Penetapan harga ganjil untuk menarik pembeli
7.Combination Price
Penetapan harga dengan cara penawaran kombinasi antara 2 jenis barang
C.STRATEGI PENETAPAN HARGA
A.RAPID SKIMMING
Strategi yang di jalankan dengan menetapkan tingkat harga penjualan produk yang tinggi dan dengan kegiatan promosi yang tinggi pula
B.RAPID PENETRATION
Strategi yang di jalankan dengan menetapan harga produk rendah sedangkan kegiatan promosinya tinggi
C.SLOW SKIMMING
Strategi yang di jalankan dengan menetapkan harga penjualan produk yang tnggi,tujuanya memperoleh laba per unit setinggi2nyasebelum pesaing masuk pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar